Tips Investasi Properti

July 31, 2019

Saat ini, investasi properti merupakan salah satu sektor investasi yang banyak diminati untuk menjaga kestabilan keuangan di masa depan.

Meski demikian, bisnis properti tidaklah semudah seperti yang ada lihat. Hasil maksimal dari bisnis properti sangat tergantung kepada strategi yang Anda jalankan. Dari mulai perencanaan yang harus benar-benar matang, pemilihan lokasi dan lain sebagainyanya.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam memulai berinvestasi properti.

Pertama, dalam bisnis properti, lokasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan bijak.
Lokasi terbaik untuk memilih perumahan adalah tempat-tempat strategis yang sangat dekat dengan pusat kota, serta memiliki akses transportasi yang memadai, baik itu angkutan umum atau fasilitas jalan yang baik, dekat dengan pusat pendidikan, seperti sekolah dan lainnya, dekat dengan kantor pemerintahan, minimal kantor kecamatan. Usahakan juga agar lokasi perumahan dekat dengan pusat bisnis seperti mall dan pasar.

Kedua, cari pengembang atau developer yang memiliki nama baik dan terpercaya.
Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat melihat track-record yang dimiliki developer. Pilih developer yang telah berpengalaman dengan proyek-proyek besar, memiliki margin error yang sangat rendah, serta memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi.

Kawasan properti baru dan terpadu biasanya dikembangkan oleh perusahaan pengembang properti yang besar dan berpengalaman. Karenanya, daripada berspekulasi dengan pengembang yang baru, lebih baik Anda memilih developer yang sudah memiliki pengalaman dalam berbagai proyek.

Ketiga, selain lokasi, beberapa fasilitas dalam perumahan juga sangat penting untuk dicermati. Hal tersebut karena setiap orang pasti menginginkan lokasi properti yang sudah ditunjang oleh fasilitas yang memadai, baik dari fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, akses transportasi yang memadai serta fasilitas lainnya.

Terakhir, timing atau ketepatan waktu dalam membeli properti juga sangatlah penting. Manfaatkan event-event khusus di mana para pengembang memberikan berbagai diskon maupun pilihan cara pembayaran yang bervariasi guna untuk meringankan beban pembayaran Anda. Selain itu, pantaulah harga pasar, sehingga memungkinkan Anda untuk membeli properti dengan harga yang murah daripada harga standar pasar.